Manfaat dan Khasiat Tanaman Okra Untuk Mengatasi Keputihan

Manfaat dan Khasiat Tanaman Okra Untuk Mengatasi Keputihan

Manfaat dan Khasiat Tanaman Okra Untuk Mengatasi Keputihan – Mungkin masih banyak diantara kita masyarakat Indonesia yang masih samar ketika mendengar kata Okra, akan tetapi di luar negeri sana tanaman Okra sangat terkenal sekali. karena tanaman ini bisa berfungsi sebagai antipestisida, yang berarti tanaman okra ini antihama yang dapat merusak pertumbuhan. Karena terkenal, tanaman ini langsung saja menjadi idola di kalangan masyarakat daerah Amerika bagian selatan. Banyak diantara mereka bahkan mulai menanamnya di pekarangan rumah dan memasukkannya ke dalam setiap menu.

Baca juga : Cara Alami Menyembuhkan Miom

Tanaman ini dikenal sebagai kacang okra oleh masyarakat. Yang sebenarnya adalah okra bukan dari jenis kacang-kacangan. Tanaman okra termasuk jenis kapas-kapasan (Malvaceae), berkerabat dengan kembang sepatu dan pulutan. Nama ilmiah tanaman okra adalah Abelmoschus esculentus atau Hibiscus esculentus. Tanaman ini biasa digunakan sebagai sayuran untuk makanan sehari – hari. Beberapa masyarakat juga menyebutnya kacang bendi.

Kacang okra biasa dipanen saat masih muda jika ingin digunakan sebagai bahan sayuran. Panjang tanaman okra dapat mencapai 20 cm, yang terpenting serabut di dalam buahnya belum terbentuk dan belum mengeras. Banyaknya lendir yang dihasilkan oleh tanaman okra ini merupakan zat yang disebut pektin. Karena itu penambahan kacang bendi pada sayur dapat membuat kuahnya menjadi lebih kental. Buah kacang bendi atau okra kaya akan mineral zat besi dan kalsium, kalium, seng, dan magnesium, vitamin A, vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3, vitamin C, vitamin E, dan vitamin K. Asal muasal tanaman ini meragukan, beberapa ahli botani percaya bahwa kacang okra berasal dari Mesir (Afrika).

Masyarakat di Indonesia mungkin masih jarang orang yang tahu tentang sayur hijau runcing satu ini dan masih mulai dalam tahap pembudidayaan karena tanaman okra ini mudah hidup di daerah tropis. Bentuknya yang mirip jari dengan kuku yang lancip ini datang dari India dan sudah banyak dikonsumsi di berbagai negara sebagai sayur. Selain sebagai sayu mayur tanaman okra ini bisa digunakan sebagai obat untuk mecegah dan mengatasi keputihan pada wanita. Berikut cara membuat ramuan untuk mengatasi keputihan dengan bahan dasar okra.

Bahan Yang Harus Disiapkan :

=> 200 gram tanaman okra
=> 1 liter air
=> 1 sendok madu murni

Cara Membuatnya :

=> Rebus tanaman okra ditambah segelas air sampai mendidih
=> Biarkan hingga tersisa 1 gelas dari rebusan tanaman okra ini
=> Tambahkan madu untuk menambah rasa
=> Segera minum ketika masih hangat

Ramuan ini sangat bagus jika dikonsumsi rutin 1 gelas per hari, anda akan merasakna khasitnya setelah mengkonsumsi selama kurang lebih 1 bulan. Selamat mencoba

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *