6 Cara Mencegah Keputihan Pada Wanita Hamil

6 Cara Mencegah Keputihan Pada Wanita Hamil

6 Cara Mencegah Keputihan Pada Wanita Hamil – Penyakit keputihan bisa terjadi pada wanita yang hamil muda maupun tua, karena terjadinya perubahan hormon serta aliran darah pada area rahim dan juga area organ vital wanita, yang dapat mengakibatkan meningkatnya proses sekresi pada area kewanitaan. Perubahan hormon pada wanita tersebut juga bisa mengubah keseimbangan atas keasaman area kewanitaan anda, sehingga akan menyebabkan tumbuhnya bakteri maupun jamur yang berubah menjadi iritasi. Biasanya keputihan yang telah terinfeksi akan disertai dengan rasa gatal, nyeri, panas dan juga kemerahan pada organ vital wanita bahkan hingga dibarengi dengan rasa sakit ketika buang air kecil.

Baca juga : Cara Mengobati Miom Tanpa Operasi

Selain dari itu jika keputihan pada wanita tersebut tidak teratasi dengan cepat maka bisa dengan mudah menular langsung pada bayi anda ketika proses persalinan / melahirkan kemudian akan menular kembali pada ibu yang sedang menyusui kemudian terjadi mastitis atau peradangan pada puting susu juga payudara. Sebenarnya yang menjadi penyebab atas masalah di area kewanitaan ini, biasanya terjadi ketika usia kehamilan masih sangat muda dan hampir mirip dengan beberapa penyebab keputihan yang lainnya yaitu masalah pada kebersihan area kewanitaan.

Jika selama masa kehamilan anda menemukan adanya tanda dan ciri keputihan maka dianjurkan segera untuk memeriksakan diri kedokter kesehatan kandungan terdekat untuk mendapatkan penanganan medis yang tepat. Selain itu, anda juga bisa mencoba untuk menerapkan cara alami mencegah keputihan pada ibu hamil seperti berikut ini :

=> Jaga kebersihan organ vital wanita anda selama masa kehamilan. Hindari menggunakan air yang kotor atau air dalam penampungan untuk membersihkan organ kewanitaan anda. Disarankan untuk menggunakan air mengalir (kran) untuk membersihkan organ intim anda.

=> Gunakan pakaian dalam yang berbahan dasar katun agar dapat menyerap keringat. Hal ini diperlukan karena untuk sirkulasi udara di daerah kewanitaan anda terjaga dengan baik, dan tidak menyebabkan organ kewanitaan anda menjadi lembab.

=> Selama masa kehamilan diusahakan jangan menggunakan panty liner karena dapat membuat kelembaban daerah organ vital wanita anda meningkat dan melebihi batas normal.

=> Gantilah pakaian dalam yang anda pakai secara rutin, apalagi ketika anda merasa bahwa pakaian dalam yang anda pakai sudah lembab. Gantilah dengan pakaian dalam yang kering dan bersih.

=> Setiap selesai dari kamar mandi, baik itu setelah mandi maupun buang air, selalu keringkan organ kewanitaan anda dengan handuk bersih dan lembut. Jangan gunakan tisu yang memiliki aroma untuk mengeringkan bagian kewanitaan anda.

=> Jangan menggunakan sabun pembersih untuk organ intim anda. Jenis sabun ini dapat membunuh bakteri baik yang dibutuhkan oleh tubuh, khususnya pada bagian kewanitaan anda.

Demikianlah sedikit penjelasan mengenai 6 Cara mencegah Keputihan Pada Wanita Hamil. Jika anda sedang hamil muda maupun tua tidak ada salahnya mencoba tips diatas, agar anda bisa terbebas dari keputihan pada saat hamil. Semoga Anda dan bayi yang anda kandung sehat wal afiat sampai melahirkan. Amiin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *