Manfaat Akar Mawar Untuk Mengatasi Keputihan Yang Perlu Anda Ketahui

Manfaat Akar Mawar Untuk Mengatasi Keputihan Yang Perlu Anda Ketahui

Manfaat Akar Mawar Untuk Mengatasi Keputihan Yang Perlu Anda Ketahui– Selamat berjumpa lagi sista dan bunda cantik di web www.obatkeputihanladyfem.com yang merupakan web yang membahas seputar solusi masalah kewanitaan seperti penyakit miom, keputihan, kista maupun masalah menstruasi. Pada kesempatan kali ini kami akan sedikit mengulas tentang Manfaat Akar Mawar Untuk Mengatasi Keputihan yang mungkin banyak wanita yang belum ketahui.

Mawar meripakan salah satu jenis tanaman semak dari genus Rosa yang merupakan nama bunga yang dihasilkan tanaman ini. Mawar liar terdiri dari 100 spesies lebih, kebanyakan tumbuh di belahan bumi utara yang berudara sejuk. Spesies mawar pada umumnya merupakan tanaman semak yang berduri atau tanaman memanjat yang tingginya bisa mencapai sekitar 2 sampai 5 meter. Walaupun jarang ditemui oleh manusia, tinggi tanaman mawar yang merambat di tanaman lain bisa mencapai sekitar 20 meter.

Sebagian besar spesies mawar mempunyai daun yang panjangnya sekitar 5 sampai 15 cm dengan dua-dua berlawanan (pinnate). Daun majemuk yang tiap tangkai daun terdiri dari paling sedikit 3 atau 5 hingga 9 atau 13 anak daun dan daun penumpu (stipula) berbentuk agak lonjong, pertulangan menyirip, tepi demi tepi beringgit, meruncing pada ujung daunnya dan berduri pada batang yang dekat ke tanah. Mawar sebetulnya bukan tanaman tropis, sebagian besar spesies mawar merontokkan seluruh daunnya dan hanya beberapa spesies yang ada di Asia Tenggara yang selalu berdaun hijau sepanjang tahun.

Baca juga : Cara Mencegah Keputihan Gatal dan Berbau Pada Wanita

Seperti yang telah kita ketahui bersama bahwa tanaman mawar sering dimanfaatkan bunganya untuk mengatasi masalah yang ada di muka, namun tahukah Anda bahwa selain itu akar mawarpun ternyata dapat dimanfaatkan sebagai penawar untuk mengatasi penyakit keputihan yang biasa dialami oleh para wanita dimuka bumi ini. Simak penjelasan lengkap berikut ini

Kandungan Akar Mawar

Selain warna yang indah dan keharumannya, ternyata tanaman bunga mawar mengandung banyak zat yang sangat berguna bagi kesehatan tubuh manusia. Ada sebagian orang yang memanfaatkan mawar sebagai perawat kecantikan muka maupun tubuh. Sebab, di dalam mawar terdapat kandungan vitamin C yang bisa bermanfaat untuk meningkatkan produksi kolagen yang berfungsi menjaga elastisitas dan kelembaban kulit wanita remaja maupun dewasa. Namun, masih banyak masyarakat Indonesia yang belum mengetahui khasiat dari bunga mawar.

Selain memiliki vitamin C, di dalam bunga mawar juga terkandung zat yang bermanfaat diantaranya adalah zat tanin, geraniol, nerol, sitronelol, asam geranik, terpene, flavonoid, pectin, poliphenol, vanillin, karetonoid, stearopten, farnesol, eugenol, feniletilakohol, serta vitamin B, E, dan K. Dengan banyaknya kandungan yang terdapat di dalam bunga mawar, maka banyak pakar kesehatan yang menjadikan mawar sebagai bahan baku obat, antara lain sebagai aromaterapi, pelancar haid / menstruasi, menyembuhkan infeksi, membantu menyembuhkan sekresi empedu, menurunkan panas badan, sebagai antiseptic, menghilangkan keputihan pada wanita, menambah daya tahan tubuh, serta mengobati gigitan serangga berbisa

Menurut pakar kesehatan, di dalam tanaman bunga mawar terdapat antosian yang merupakan salah satu zat pewarna alami dan bisa larut di dalam air. Zat warna ini banyak digunakan sebagai bahan olahan, baik untuk makanan maupun minuman. Antosian akan lebih stabil pada kondisi asam ketimbang kondisi basa atau netral. Antosian tergolong senyawa flavonoid yang memiliki fungsi sebagai antioksidan alami. Selain itu, antosian juga mampu menghentikan reaksi dan radikal bebas. Tidak adanya unsur yang berbahaya didalam mawar, membuat tanaman mawar cukup aman untuk dimanfaatkan sebagai bahan dasar kecantikan dan kesehatan. Di negara Thailand, bunga mawar sering diolah menjadi bagian dari menu makanan andalan di beberapa restoran. Guna menambah aroama minuman, daun dan kelopak bunga mawar yang sudah dikeringkan dapat dijadikan sebagai teh.

Manfaat Akan Bunga Mawar Untuk Mengatasi Keputihan

Tanaman mawar termasuk jenis tanaman bunga yang memiliki warna beragam yang indah, dan identik dengan kesukaan kaum hawa. Bunganya, melambangkan kecantikan juga keromantisan. Maka tidak jarang jika seorang pria memberikan setangkai bunga mawar pada pujaan hatinya, wanita tersebut akan merasakan kebahagiaan yang tiada tara. Berbeda dalam dunia kecantikan, mawar dikenal memiliki peran yang sangat penting dan salah satunya sebagai bahan alami untuk mempercantik kulit wajah.

Dalam dunia kesehatan, mawar juga digunakan sebagai salah satu bahan dasar yang bersifat alami untuk pengobatan, diantaranya sebagai pengharum alami pada organ vital wanita, serta mengatasi keputihan tidak normal. Hanya saja, untuk pengobatan keputihan yang bisa digunakan hanya akarnya saja. Mengapa akar mawar dipilih sebagai obat keputihan dan apa yang mendasari hal tersebut? Dalam penjelasan sebuah artikel yang dilansir dari viva, ada beragam hal yang mendasari mengapa akar mawar dipilih sebagai media alami untuk penyembuhan penyakit keputihan. Secara menyeluruh, manfaat dari akar mawar tidak hanya memberikan keharuman pada organ intim wanita, namun juga bebas keputihan dan pastinya menjadikan pasangan semakin lengket!

Cara Membuat Ramuan Akar Mawar Untuk Mengatasi Keputihan

Anda sediakan akar tanaman mawar yang sudah Anda miliki.
Bersihkan akar mawar tersebut, cuci hingga bersih.
Kemudian rebus akar mawar bersama dengan air satu gelas sampai air tadi menyisakan setengah gelas.
Setelah itu diamkan dan tiriskan terlebih dahulu.
Saring airnya, dan minum air setengah gelas tadi setiap harinya.
Ramuan ini hanya untuk wanita yang mengalami keputihan yang sedang tidak hamil.
Wanita yang memiliki masalah pada sistem pencernaan juga perlu membatasi pemanfaatan ramuan tersebut.

Demikianlah cara memanfaatkan akar mawar untuk mengatasi dan mengobati keputihan. Anda bisa membuat ramuan tradisional ini dirumah Anda, kapanpun Anda mau…Selamat mencoba

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *