Manfaat dan Khasiat Biji Ketumbar untuk Mengatasi dan Mengobati Keputihan

Manfaat dan Khasiat Biji Ketumbar untuk Mengatasi dan Mengobati Keputihan

Manfaat dan Khasiat Biji Ketumbar untuk Mengatasi dan Mengobati Keputihan – Banyak sista dan bunda yang memanfaatkan biji ketumbar sebagai bumbu masakan, selain sebagai bumbu masak ternyata biji ketumbar juga menyimpan bayak khasiat untuk kesehatan, salah satunya adalah untuk mencegah dan mengobati keputihan. Biji ketumbar merupakan tumbuhacan rempah-rempahan yang sangat popular. Tumbuhan yang memiliki nama latin Coriandrum sativum ini diyakini berasal dari Eropa Selatan dan sekitar Laut Kaspia. Dalam bahasa Inggris biji ketumbar dikenal dengan sebutan coriander dan di negara Amerika Latin dikenal dengan sebutan cilantro. Biji ketumbar yang kecil banyak diperdagangkan dalam bentuk biji maupun serbuk. Bentuk ketumbar kecil seperti lada dengan diameter 1-2 mm.

Sebelum kita membahas mengenai manfaat biji ketumbar untuk mengatasi keputihan, alangkah baiknya kita ketahui terlebih dahulu mengetahui apa saja kandungan yang terdapat pada biji ketumbar. Berikut daftar kandungan biji ketumbar ( dari berbagai sumber ) :

Energi = 404 kkal
Lemak = 16,1 gr
Protein = 14,1 gr
Karbohidrat = 54,2 gr
Fosfor = 370 mg
Kalsium = 630 mg
Zat Besi = 18 mg
Vitamin B1 = 0,2 mg
Vitamin A = 1570 IU
Vitamin C = 0 mg

Baca juga : Obat Herbal Keputihan Tradisional Paling Ampuh

Biji Ketumbar untuk Mengatasi dan Mengobati Keputihan

Biji ketumbar dipercaya dapat mengatasi dan mengobata keputihan pada wanita. Keputihan merupakan salah satu problematika kesehatan yang banyak dialami oleh para wanita. Selain membuat pakaian dalam terasa lembab, keputihan yang tidak normal juga diiringi juga dengan rasa gatal dan bau yang tidak sedap dari daerah organ vital kewanitaan sehingga membuat para wanita tidak nyaman dan kurang percaya diri. Pada beberapa kondisi tertentu, keputihan merupakan sesuatu yang normal seperti ketika masa kehamilan serta sebelum dan sesudah menstruasi. Ini biasa terjadi dan tidak perlu dikhawatirkan.

Yang perlu diperhatikan oleh kaun hawa semuanya adalah jika keputihan sudah mulai menunjukkan tanda-tanda tidak normal seperti tidak lagi berwarna bening namun berwarna putih pekat, putih kehijauan, putih kelabu, atau putih kekuningan. Ditambah lagi adanya bau tidak sedap yang menyengat serta diiringi rasa gatal. Keputihan tidak normal biasanya disebabkan oleh infeksi baik dari jamur, bakteri, parasit, atau virus yang bersarang di miss v yang bisa didiagnosis melalui karakteristik keputihan atau dengan tes di laboratorium. Baca disini untuk mengetahui informasi lengkap mengenai keputihan tidak normal.

Cara membuat Ramuan Bii Ketumbar untuk Keputihan

=> Siapkan biji ketumbar secukupnya
=> Pada malam hari, rendam biji ketumbar dengan menggunaka air panas
=> Saring rendaman biji ketumbar tadi, ambil air hasil rendaman tersebut
=> Minim air hasil rendaman tadi pada pagi hari pada saat perut masih kosong
=> Lakukan hal tersebut selama satu minggu.

Demikianlan cara membuat ramuan biji ketumbar yang dapat digunakan sebagai jamu untuk mencegah dan mengobati penyakit keputihan pada wanita. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *