4 Cara Mengatasi Keputihan Tanpa Obat

4 Cara Mengatasi Keputihan Tanpa Obat

4 Cara Mengatasi Keputihan Tanpa Obat – Seperti diketahui bersama bahwa penyakit keputihan hampir pasti mengenai para wanita. Keputihan bisa menjadi salah satu masalah wanita dalam beraktivitas sehari – hari di kantor, dipasar, bahkan dirumah. Keputihan tidak pandang usia, tempat dan waktu maksudnya adalah keputihan bisa terjadi pada wanita tua dan muda, dan terjadi kapan saja. Salah satu faktor penyebab tejadinya keputihan adalah infeksi jamur yang akan menyebabkan vagina terasa gatal dan bau.

Berikut ini adalah beberapa cara mengatasi keputihan tanpa memakai obat :

Minum cukup air putih

Air putih yang dikonsumsi sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh dan agar keputihan yang menyebabkan gatal tidak menjadi lebih parah. Air bisa membuat semua organ tubuh bekerja dengan baik, terutama semua otot dan sistem hormon dalam tubuh. Selain itu air juga membantu semua bagian tubuh yang memiliki selaput lendir seperti vagina bisa mendapatkan cairan yang cukup. Minum setidaknya delapan gelas perhari sudah bisa membuat keputihan berkurang.

Baca juga : Obat Herbal Keputihan Alami


Minum jus jeruk setiap hari

Jika anda sedang mengalami keputihan maka cobalah untuk minum jus jeruk minimal sekali dalam sehari. Kandungan flavonoid dalam buah jeruk bisa membantu menurunkan resiko aktifitas bakteri yang buruk penyebab keputihan pada wanita. Bahkan minum jus jeruk setiap hari juga bisa mengurangi resiko kanker ovarium dan kista. Cara terbaik minum jus jeruk adalah dengan dengan membuat jus jeruk alami dari air dalam serat dan bulir jeruk tanpa menambahkan gula.

Konsumsi yogurt

Bakteri bisa juga sebagai penyebab utama terjadinya keputihan akibat lingkungan tubuh yang tidak seimbang. Untuk solusi masalah ini maka Anda bisa mulai mengkonsumsi yogurt setiap pagi dan sore. Didalam yogurt terkandung bakteri baik Lactobacillus acidophilus yang berfungsi membantu keseimbangan pH dalam bagian vagina secara alami. Selain mengkonsumsi yogurt, Anda juga bisa mengkonsumsi susu fermentasi yang menggunakan jenis bakteri tersebut. Namun perhatikan untuk tidak memilih yogurt yang mengandung pemanis buatan.

Jangan menggunakan sabun wangi pada daerah sekiar Miss V

Apabila Anda sedang mengalami keputihan maka jangan menggunakan produk sabun wangi untuk membersihan Miss V. Kebanyakan sabun wangi mengandung bahan kimia yang bisa merusak pH alami dalam lingkungan Miss V dan justru akan meningkatkan aktifitas bakteri penyebab terjadinya keputihan pada wanita.. Karena itu lebih baik membersihkan vagina dengan air netral yang tidak mengandung bahan kimia apapun. Jika Anda memiliki daun sirih, maka Anda bisa membuat pembersih vagina dari bahan ini. (baca juga: manfaat daun sirih bagi wanita)

Demikianlah sedikit artikel tentang bagaimana cara mengatasi penyakit keputihan pada wanita tanpa menggunakan obat. Silahkan praktekkan pada diri Anda, Anda akan merasakan perbedaannya. Selamat Mencoba

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *