Manfaat dan Khasiat Daun Sambiloto Untuk Mengatasi Keputihan

Manfaat dan Khasiat Daun Sambiloto Untuk Mengatasi Keputihan

Manfaat dan Khasiat Daun Sambiloto Untuk Mengatasi Keputihan - Mungkin banyak yang belum tahu apa itu daun sambiloto dan apa manfaatnya untuk kesehatan ? Tanaman sambiloto tumbuh dengan baik di dataran rendah sampai ketinggian sekitar 700 meter dari permukaan air laut. Tumbuhan sambiloto dapat tumbuh baik pada curah hujan 2000-3000 mm/tahun dan suhu udara 25-32 derajat Celcius. 

Kelembaban yang dibutuhkan tanaman sambiloto untuk bisaberkembang adalah 70-90% dengan penyinaran agak lama. Tiap daerah maupun negara mempunyai nama yang beda untuk tanaman sambiloto ini, seperti misalnya : sambilata (Melayu); ampadu tanah (Sumatera Barat); sambiloto, ki pait, bidara, andiloto (Jawa Tengah); ki oray (Sunda); pepaitan (Madura), sedangkan nama asingnya Chuan xin lien (Cina).

Baca Juga : 3 Bahan Tradisional Untuk Mengatasi Keputihan

Tumbuhan Sambiloto ini berasal dari daerah Asia tropika dengan nama latin Andrographis paniculata ness yang memiliki kandungan homoandrografolid,laktone,alkane,flavonoid,aldehid, keton,asam kersik, mineral, dan damar. Tanaman sambiloto sangat berguna jika digunakan untuk mencegah pembentukan radang, membantu memperlancar air seni (diuretika), membantu menurunkan panas badan (antipiretika), sebagai obat sakit perut, kencing manis, dan terkena racun. kandungan senyawa kalium memberikan khasiat menurunkan tekanan darah pada manusia.

Hasil percobaan pakar kesehatan farmakologi menunjukkan bahwa air rebusan daun sambiloto 10% dengan takaran 0.3 ml/kg dapat membantu menurukan kadar gula darah yang sebanding dengan pemberian suspensi glibenclamid. Selain itu, daun Sambiloto juga dipercaya sebagian orang bisa digunakan sebagai obat penyakit tifus dengan cara mengambil 10-15 daun yang direbus sampai mendidih dan diminum air rebusannya.

Menurut para ahli kesehatan, daun sambiloto juga bisa digunakan untuk membantu mengatasi dan mengobati penyakit keputihan pada wanita. Bagi Anda para wanita yang sedang mengalami keputihan dan menginginkan solusi menghilangkan keputihan dengan bagah tradisional alami, maka daun sambiloto adalah salah satu solusinya

Berikut ini Cara Pakai Sambiloto untuk Mengatasi Keputihan :

- Ambil 3 batang sambiloto kemudian cuci bersih dan potong-potong
- Rebus sambiloto dengan 4 gelas air sampai tinggal dual gelas
- Saring ramuan setelah airnya dingin
- Minum ramuan 3 kali sehari sebanyak 3/4 gelas, bila perlu tambahkan madu

Demikianlah cara membuat ramuan / jamu tradisional untuk keputihan. Penggunaan bahan alami untuk ramuan tradisional akan membuat Anda lebih nyaman karena bebas efek samping dari bahan kimia. Akan tetapi kebersihan dan kehigenisan dari bahan-bahan alami tersebut tetap wajib Anda perhatikan juga. Semoga Bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *