Manfaat Tersembunyi Kunyit Putih Untuk Mengatasi Keputihan

Manfaat Tersembunyi Kunyit Putih Untuk Mengatasi Keputihan

Kunyit merupakan salah satu rempah yang memiliki banyak manfaat. Banyak orang yang memanfaatkannya sebagai bahan pelengkap makanan, penyedap rasa. Selain sebagai rempah alami tetapi juga sering dijadikan sebagai obat herbal alami untuk berbagai penyakit. Hal tersebut dikarenakan kunyit mempunyai kandungan berkhasiat yang terdapat pada kunyit.

Rempah yang satu ini ( kunyit ) merupakan salah satu herbal alami yang identik dengan warna kuning. Banyak ditemui di Seluruh Indonesia. Dengan warna kuningnya tersebut, kunyit tidak hanya dijadikan sebagai rempah penambah cita rasa makanan tetapi juga dimanfaatkan sebagai pewarna alami makanan. Bahasa ilmiah untuk kunyit adalah zingberacacae. Banyak hidup di kawasan Asia Selatan termasuk Indonesia, Cina dan Taiwan.

Beberapa masalah penyakit yang bisa diatasi dengan kunyit antara lain penyakit demam, rematik, batuk, haid tidak teratur, dan berbagai masalah yang berhubungan dengan organ reproduksi. Bahkan banyak para ahli kesehatan banyak yang menggunakan kunyit sebagai salah satu herbal alami yang sangat ampuh untuk mengatasi keputihan yang gatal dan berbau pada wanita.

Penyakit keputihan merupakan hal umum yang sering dialami para wanita. Secara umum, keputihan merupakan hal yang wajar, karena merupakan aktifitas hormon. Tetapi jika sudah berlebihan akan menimbulkan bau yang tidak sedap.

Baca Juga : Obat Herbal Keputihan Alami

Bisakah Kunyit Putih Mengatasi Keputihan Pada Wanita?

Kunyit putih (Cucurma Mangga) merupakan sejenis tanaman herbal yang bisa digunakan sebagai obat herbal trasisional yang mengatasi berbagai macam penyakit, salah satunya adalah penyakit keputihan pada organ intim wanita. Kunyit putih memiliki kandungan sebagai berikut:

1. Flavonoid Saponin

Kunyit putih mengandung flavonoid saponin yang bisa membantu meningkatkan daya tahan tubuh pria dan wanita.

2. Antioksidan

Kunyit putih juga memiliki kandungan antioksidan yang berfungsi sebagaipelindung dalam menyusun gen di dalam tubuh.

3. Zat Anti Lipid Peroksida

Kandungan zat ini dalam kunyit putih membantu tubuh dalam mengobati dan membantu mengatasi berbagai macam penyakti seperti jantung coroner, asam urat dan darah tinggi

4. Ribozom Inacting Protein (RIP)

RIP yang terkandung dalam kunyit putih dapat membantu mengatasi dan mengobati berbagai macam penyakit yang salah satunya adalah untuk menonaktifkan sel kanker tanpa menimbulkan kerusakan sel disekitarnya.

5. Cucurmin

Kandungan zat ini dalam kunyit dapat digunakan sebagai anti inflamasi untuk mengatasi gangguan peradangan. Kunyit putih memiliki kandungan kukurmin yang bisa dimanfaatkan sebagai anti oksidan yang sangat bagus untuk mencegah timbulnya bakteri dan jamur yang dapat mengganggu kesehatan organ intim kewanitaan. Selain itu, kukurmin juga dapat berfungsi sebagai anti inflamasi yang mengatasi peradangan pada organ intim kewanitaan apabila terjadi keputihan.

Untuk mencegah / mengobati keputihan pada wanita, kunyit putih dapat digunakan sebagai obat luar maupun obat dalam yang dijelaskan sebagai berikut.

SEBAGAI OBAT LUAR

Sebagai obat luar (digunakan diluar tubuh ), kunyit putih dapat digunakan untuk mengatasi keputihan dengan cara-cara sebagai berikut:

Ambil unyit putih, cuci dan iris tipis-tipis
Rebus dalam air hingga mendidih, angkat dan diamkan hingga hangat
Gunakan air rebusan kunyit putih yang telah hangat tadi untuk membasuh organ intim wanita
Lakukan pada pagi dan sore hari hingga masalah keputihan sembuh.

SEBAGAI OBAT DALAM

Sebagai obat dalam ( digunakan didalam tubuh ), kunyit putih dapat digunakan untuk mengatasi keputihan dengan cara-cara sebagai berikut:

Ambil 20 gram kunyit putih, bersihkan dan iris tipis-tipis
Siapkan juga 15 gram daun delima kering dan 10 gram sambiloto kering, cuci bersih
Rebus semua bahan di atas hingga mendidih, angkat dan saring
Anda pun dapat menambahkan air rebusan tersebut dengan gula aren maupun madu sesuai selera untuk menambah rasa
Minum rebusan ramuan kunyit putih tersebut sebanyak dua kali sehari dengan teratur.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *