Cara Alami Mengatasi Keputihan Gatal dan Berbau Pada Wanita

Cara Alami Mengatasi Keputihan Gatal dan Berbau Pada Wanita

Hai sista & bunda cantik, ketemu lagi sama blog kesayangan ini yang membahas seputar kesehatan wanita. Pada pembahasan kali ini, kami ingin sedikit membahas tentang cara alami mengatasi keputihan gatal dan berbau pada wanita. Penyakit keputihan pada wanita sebenarnya adalah hal yang normal dan sehat karena pada dinding vagina dan leher rahim terdapat organ yang memproduksi cairan untuk menjaga kesehatan organ reproduksi wanita. Keputihan yang normal biasanya berwarna putih susu atau jernih dan tidak berbau. Jumlah cairan akan meningkat pada masa tertentu seperti saat sedang menyusui, saat berhubungan intim dengan suami, dan pada saat atau sekitar masa menstruasi.

Berikut ini adalah beberapa penyebab keputihan gatal dan berbau pada wanita:

1). Menggunakan pembalut yang tidak sesuai

Sering kali para wanita asal pilih dalam menggunakan pembalut untuk organ intimnya, padahal penggunaan pembalut yang tidak sesuai pada saat menstruasi bisa mengakibatkan keputihan. Karena salah satu cara sederhan oleh wanita yang biasa digunakannya agar darah bisa terserap oleh pembalut dan tidak keluar kemana mana. Dan tahukah bila dalam pemilihan pembalut, anda salah maka justru bisa memicu keputihan, sebaiknya jenis pembalut yang menggunakan bantalan berkualitas anda pilih dan bahan herbal yang terkandung didalamnya bisa anda pilih. Dan yang terpenting adalah 4 jam sekali dalam sehari pembalut diganti.

2).Tidak menjaga kebersihan alat reproduksi wanita

Tidak sedikit dari kaum hawa yang kurang menjaga kebersihan alat reproduksi wanita, dan ini salah satu penyebab munculnya keputihan gatal dan berbau pada wanita. Tingkat keasaman yang baik untuk alat reproduksi wanita adalah sekitar 3,5 adalah tingkat keasaman yang baik . Karena tingkat keasaman yang sangat tinggi menyebabkan perubahan dari warna dan bau yang kurang sedap. Dan kemungkinana muncul rasa nyeri di organ kewanitaan bila hal tersebut hal tersebut dibiarkan. Supaya kelembaban alat reproduksi wanita bisa terjaga maka membersihkan alat reproduksi wanita tidak menggunakan douching atau obat semprot air adalah hal yang tidak sarankannya. Hal ini akan mengakibatkan terganggunya keseimbangan pH didalam alat reproduksi wanita. Terjadi resiko iritasi akan meningkat bila menggunakannya dari douches tersebut.

3) Tingkat stress yang berlebih

Banyak wanita yang keputihan diakibatkan stress yang berlebih. Adanya aktivitas yang tidak biasa, atau banyaknya kerjaan di kantor menjadi pemicu utama terjadinya keputihan yang gatal dan berbau. Solusinya adalah anda harus merasa santai dan rileks dalam menjalani kehidupan sehari - hari.

Baca juga : Obat Keputihan Alami dan Tradisional

Berikut ini adalah cara alami yang sudah terbukti dalam mengatasi keputihan yang gatal dan berbau pada wanita :

1. Gunakan Pembalut yang tepat

Tidak bisa dipungkiri lagi pembalut merupakan sesuatu yang wajib dipakai oleh para wanita ketika sedang mengalami menstruasi. Pembalut merupakan cara simple yang sering digunakan untuk wanita yang sedang menstruasi agar mampu menyerap darah agar tidak meleleh kemana mana. Tapi taukah anda , salah memilih pembalut justru membuat anda mengalami keputihan . Pilihlah pembalut yang menggunakan bantalan kualitas, mengandung kandungan herbal . Dan yang terpenting gantilah pembalut 4 jam sekali dalam sehari.

2. Jaga kelembapan Miss.V

Menurut Dr. Adhi Bhakti Ginanjar, SpOG Spesialis Kebidanan & Kandungan menjaga kelembapan Mis.V merupakan pencegahan awal untuk menghindari keputihan. Tingkat keasaman yang baik untuk miss.V adalah 3,5 . Perubahan warna dan bau yang tidak sedap dapat disebabkan karena tingkat keasaaman yang tinggi dan bila dibiarkan kemungkinan terjadi nyeri pada kewanitaan . Untuk menjaga kelembapan Miss.V maka disarankan untuk tidak membersihkan vagina dengan douching (obat semprot air) karena bisa mengganggu keseimbangan ph pada vagina. Penggunaan douche justru bisa meningkatkan risiko iritasi.

3. Jangan terlalu stress

Menghindari diri dari stress dan melakukan olahraga seimbang merupakan solusi tepat untuk anda. Lakukan olahraga satu minggu dua kali secara teratur . Komsumsi pula makanan yang sehat seperti minum susu ataupun yogurt karena kandungan di dalam susu terdapat bakteri baik yang menjaga keseimbangan bakteri candida.Demikian cara mengatasi keputihan pada wanita, semoga hal ini bermanfaat dan tidak ada salahnya untuk mencoba. Dan bila ada infeksi maka harus diberikan antibiotic yang tepat sesuai dengan resep dokter.

4. Tradisional , Daun Sirih

Daun sirih memiliki kandungan minyak terbang (batlephenol) dan kandungan kavinol yang memiliki kegunaan mematikan kuman, kandungan antioksidan dan anti jamur.. Maka tak heran nenek moyang terdahulu menggunakan daun sirih untuk mengatasi keputihan. Adapun cara yang tepat yaitu dengan mengambil 10 lembar daun sirih yang sudah dicuci kemudian siapkan kurang lebih 2 liter air ke dalam panic dan merebusnya, sesudah direbus dinginkan air rebusan tadu dan basuhkan ke seluruh organ bagian kewanitaan.

Nah, demikianlah sedikit pembahasan mengenai cara alami dalam mengatasi keputihan gatal dan berbau pada kaum hawa. Semoga para wanita Indonesia terbebas dari keputihan dan penyakit lainnya. Amiin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *