5 Penyebab Keputihan Ketika Wanita Sedang Hamil

5 Penyebab Keputihan Ketika Wanita Sedang Hamil

5 Penyebab Keputihan Ketika Wanita Sedang Hamil - Keputihan pada wanita bisa terjadi kapan saja, bahkan pada saat wanita sedang mengalami hamil. Ketika hamil biasanya terjadi pada massa hamil tua maupun hamil muda. Kehamilan bagi seorang wanita merupakan saat-saat yang sangat ditunggu-tunggu oleh semua pasangan keluarga, baik pasangan yang sudah lama menikah maupun pasangan yang baru saja menikah. Bagi yang kehamilan pertamanya tentu banyak sekali kecemasan serta kekhawatiran, apalagi sampai mengalami sebuah keputihan ketika hamil muda. Gejala keputihan ketika hamil yang dialami umumnya memang keputihan yang masih normal tersebut ditandai dengan keluarnya sebuah cairan bening yang melalui organ genital wanita yang tak berbau dan juga tak berwarna. Walau begitu, wanita yang sedang mengalami masalah keputihan ketika hamil hendaknya ia tetap waspada apabila keputihan yang ia alami diiringi dengan adanya bercak warna kemerahan.

Penyebab keputihan ketika hamil

Pada wanita hamil umumnya lebih rentan terkena keputihan yang terutama saat awal-awal kehamilannya. Hal ini disebabkan oleh kondisi tubuhnya yang mengalami perubahan hormonal sehingga menstimulasi keluarnya sebuah cairan dari area intim kewanitaan. Maka dari itu, bagi anda yang mengalami keputihan ketika hamil perlu memperhatikan beberapa faktor penyebab keputihan ketika hamil. Dan apa sajakah faktor penyebabnya, baca saja 5 faktor penyebab keputihan ketika anda hamil:

1. Perubahan Hormonal Wanita


- Perubahan hormonal tersebut secara tak langsung telah mempengaruhi keseimbangan pada hormon progesterone dan estrogen, sehingga keputihan ketika hamil sebagai reaksi dari perubahan hormonal yang umumnya terjadi. Hormon tersebut ini adalah hormon FSH serta LH yang diproduksi oleh si hormon estrogen yang diakibatkan aktivitas kelenjar hipofisa pada otak ketika mengalami kehamilan.

2. Terlalu Lelah

- Keputihan ketika hamil disebabkan oleh adanya aktivitas berlebihan yang dilakukan memicu kelelahan serta kekurangan elektrolit tubuh, sementara janin tersebut masih membutuhkan elektrolit tubuh yang di suplai melalui plasenta. Ketidakseimbangan elektrolit antara si janin dan juga wanita hamil akan memancing timbulnya sebuah reaksi hormonal yang berupa keputihan.

3. Konsumsi Makanan Fermentasi

- Mengkonsumsi makanan-makanan tertentu yang berasal dari hasil fermentasi, misalnya seperti tape, keju ataupun tempe ketika hamil juga mempengaruhi keseimbangan hormonal, yang sehingga bisa saja terjadi masalah keputihan ketika hamil.

4. Perubahan pH Vagina serta Rahim

- Keputihan ketika hamil juga disebabkan adanya perubahan derajat keasaman pada vagina serta rahim akibat aktivitas hormonal perkembangan janin dan juga pertumbuhan.

5. Stress Terus-menerus serta Depresi

- Keputihan ketika hamil kebanyakan ditimbulkan dari stres maupun depresi. Hal seperti ini yang dapat memicu timbulnya produksi hormonal yang merusak komposisi pada keseimbangan hormon. Keputihan yang terjadi diakibatkan reaksi dari ketidakseimbangan dari hormonalnya atau terganggunya beberapa sistem kelenjar si penghasil hormon.

Lihat disini tips alami agar cepat hamil

Serangkaian faktor penyebab keputihan ketika hamil seperti diatas tersebut, hendaknya harus tetap di pantau saat masa-masa kehamilan supaya keputihan yang terjadi tak berkembang menjadi sebuah keadaan yang jauh lebih gawat.

Nah, inilah tips kesehatan wanita tentang 5 Penyebab Keputihan Ketika Wanita Sedang Hamil. So..waspadalah dengan masalah yang satu ini apabila anda sedang mengalami masa kehamilan muda. Terima kasih banyak...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *